Instalasi Pengolahan Air Limbah ( IPAL )

Konsultan Ipal Bandung

Instalasi pengolahan air limbah (IPAL) (wastewater treatment plant, WWTP), adalah sebuah struktur   yang dirancang untuk membuang limbah biologis dan kimiawi dari air sehingga memungkinkan air tersebut untuk digunakan pada aktivitas yang lain.

Fungsi-fungsi dari  Instalasi pengolahan air limbah / IPAL :

Pada Pengolahan air limbah bagian pertanian, untuk membuang kotoran hewan, residu pestisida, dan sebagainya dari lingkungan pertanian.

Pada Pengolahan air limbah daerah perkotaan, untuk membuang limbah manusia dan limbah rumah tangga lainnya.

Pada Pengolahan air limbah di Konsultan Ipal Industri, untuk mengolah limbah cair dari aktivitas manufaktur sebuah industri dan komersial, termasuk juga aktivitas pertambangan. dll

Instalasi Pengolahan Air Limbah  ( Ipal ) adalah suatu perangkat peralatan teknik beserta perlengkapannya yang memproses atau mengolah cairan sisa proses produksi pabrik atau Air Limbah, sehingga air limbah  tersebut layak dibuang ke lingkungan dan sesuai dengan baku mutu lingkungan.

Manfaat Instalasi pengolahan air limbah (IPAL) :

  1. Mengolah Air Limbah domestik atau industri, agar air tersebut dapat di gunakan kembali sesuai kebutuhan masing-masing.
  2. mengurangi pencemaran lingkungan akibat pembuangan air limbah ke sungai.
  3. Agar Biota-biota yang ada di sungai tidak mati.

Tujuan Instalasi pengolahan air limbah (IPAL) :

Tujuan IPAL yaitu untuk menyaring dan membersihkan air yang sudah tercemar untuk di olah agar sesuai dengan baku mutu lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *