INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH KOMUNAL

INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH KOMUNAL

IPAL Komunal adalah sistem (Instalasi Pengolahan Air Limbah secara komunal) atau terkordinir disatu lokasi atau titik pengumpul. IPAL komunal secara kategori pengolahan limbah domestik namun IPAL komunal memproses secara seluruh dari limbah limbah rumah tangga yang disatukan disatu lokasi.

Proses Pengolahan Air Limbah secara komunal dibuat karena satu alasan pengendalian atau perawatan unit IPAL tersebut agar pengolahan limbah dapat di kontrol terpusat yang tujuannya adalah agar hasil dari proses itu mencapai hasil baik berstandart mutu buang layak.

IPAL komunal juga dikategorikan sebagai Instalasi Pengolahan Air Limbah secara besar- besaran atau pengolahan limbah yang banyak.

Untuk itu istem yang dipilih adalah sistem yang mempunyai kriteria tepat, baik secara fisik sosial atau perekonomian; selain itu sistem harus mampu menciptakan tingkat higienis dan kenyaman masyarakat serta menjaga keberlangsungan lingkungan dimasa depan.

Dalam hal ini kami dari PT.Banyu Biru Berkah Sejati  dengan teknologi terbaru memberikan solusi terbaik dalam sistem Pengolahan Air Limbah secara komunal yaitu :

Bioreaktor

Bioreaktor merupakan suatu alat atau tempat dimana terdapat suatu proses biologi di dalamnya. Proses biologi itu terjadi berkat adanya mikroorganisme dan komponen pendukung lainnya. Proses biologi ini sangatlah penting karena merupakan tujuan utama agar dapat menghasilkan produk yang lebih ramah lingkungan dari air limbah yang diolah.

Proses pengolahan air limbah komunal ini dilakukan dengan beberapa tahap pengolahan. Dimana air limbah dari berbagai sumber kegiatan di rumah sakit akan dikumpulkan dalam satu bak pengumpul.

Selanjutnya akan masuk kedalam bak pemisah lemak atau grease trap untuk menghilangkan kandungan lemak pada air limbah. Lalu air akan disalurkan ke dalam bak ekualisasi agar air limbah yang akan diolah memiliki karakteristik yang sama.

Dari bak ekualisasi, air limbah akan masuk  ke dalam unit bioreaktor yang mana di dalam bioreaktor terdapat proses sebagai berikut :

  1. Sedimentasi Awal, pada tahap ini partikel ukuran tertentu akan mengendap.
  2. Biofilter anaerob, terjadi proses biologi dimana bakteri anaerob akan mengurai polutan pada air limbah.
  3. Biofilter aerob, terjadi proses yang sama dengan tahap sebelumnya namun bakteri yang digunkan adalah bakteri aerob. Dimana membutuhkan oksigen dalam melakukan proses biologi, makan pada tahap ini diberikan unit blower sebagai penyuplai oksigen.
  4. Sedimentasi akhir, lumpur yang terbentuk akan mengendap pada unit ini.

Setelah pengolahan pada bioreaktor, dilakukan klorinasi yang bertujuan untuk membunuh mikroorganisme pathogen (agen penyebab penderitaan/penyakit) yang terkandung dalam air limbah. Kemudian air hasil olahan dapat digunakan untuk menyiram tanaman dan kolam ikan.

Untuk memenuhi kebutuhan Ipal domestik anda hubungi dan Kunjungi :

0811 2345 986
0815 7339 9999
banyubiruberkahsejati@gmail.com
konsultanipalbandung@gmail.com
www.banyubiruberkahsejati.co.id

www.konsultanlingkunganhidup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *